Contoh Skripsi

Bibeh.com – Banyak hal yang bisa menjadi masalah dan akan mengganggu pikiran setiap orang. Tidak hanya para pekerja karyawan atau pemimpin sebuah perusahaan saja yang akan mengalami rasa bingung karena masalah, tapi juga para pelajar serta mahasiswa. Menjadi mahasiswa memang tidak semudah yang dibayangkan karena akan banyak tugas yang akan datang dan harus diselesaikan. Seperti misalnya saja tugas di akhir semester yang selalu menjadi ketakutan para mahasiswa, yaitu Skripsi.

Contoh Skripsi

Memang skripsi kerap kali menjadi momok bagi para mahasiswa semester akhir. Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

Contoh Skripsi

Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Istilah skripsi sebagai tugas akhir sarjana hanya digunakan di Indonesia. Dalam penulisan skripsi, mahasiswa dibimbing oleh satu atau dua orang pembimbing yang berstatus dosen pada perguruan tinggi tempat mahasiswa kuliah. Untuk penulisan skripsi yang dibimbing oleh dua orang, dikenal istilah Pembimbing I dan Pembimbing II.

Biasanya, Pembimbing I memiliki peranan yang lebih dominan bila dibanding dengan Pembimbing II. Sebenarnya skripsi sama saja dengan karya ilmiah. Hanya saja dalam pembuatannya, skripsi memiliki beberapa tahapan. Seperti, pengajuan judul skripsi, pengajuan proposal skripsi, seminar proposal skripsi, dan penelitian. Penelitian dibutuhkan karena skripsi merupakan sebuah karya ilmiah yang harus dibuat berdasarkan fakta yang ada.

Bagi anda yang merupakan seorang mahasiswa dan tengah berada di masa akhir semester pastinya memang sangat dipusingkan oleh hal yang dinamakan dengan Skripsi. Anda tentunya mencari Contoh Skripsi yang bisa menjadi referensi saat anda akan membuat Skripsi. Sebenarnya memang anda bsia dengan mudah menemukan Contoh Skripsi Bahasa Indonesia karena kini dunia internet sudah semakin berkembang.

Di Internet kini banyak situs yang menyediakan Contoh Proposal Skripsi Bahasa Indonesia. Akan tetapi setelah anda menemukan Contoh Membuat Skripsi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda akan membuat skripsi, seperti hal-hal di bawah ini.

  1. Anda semua harus menentukan tema beserta judul. Tidak sedikit mahasiswa yang mendapatkan penolakan ketika mengajukan judul skripsi pada dosen. Dengan hal tersebut maka anda harus menentukan judul dan tema dengan sangat matang, dan juga unik dan berbeda dari yang lain.
  2. Anda harus menyusun kerangka teoritis bab dengan benar dan rapi. Dengan menyusun kerangka teoritis ini maka anda bsia lebih terbantu lagi dan tetap fokus pada tema serta judul yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Saat Membuat Skripsi anda juga harus melakukan riset. Dengan anda melakukan riset maka anda bisa mengumpulan berbagai macam fakta dan juga pembahasan yang akhirnya bisa disusun menjadi kata-kata dan data yang akurat.
  4. Anda tentunya akan membuat kata pengantar pada awal skripsi, begitupun juga demikian saat diakhir skripsi anda harus menentukan kalimat penutup yang baik, benar dan menarik.

Setelah penulisan dianggap siap dan selesai, mahasiswa mempresentasikan hasil karya ilmiahnya tersebut pada Dosen Penguji dalam sebuah siding akhir. Mahasiswa yang hasil ujian skripsinya diterima dengan revisi, melakukan proses revisi sesuai dengan masukan Dosen Penguji. Kesalahan-kesalahan umum yang mungkin terjadi dalam membuat skripsi, antara lain contohnya, terlalu sering copy paste dari internet.

Biasanya ini terjadi di Bab II atau Tinjauan Pustaka. Seorang mahasiswa, dalam membuat skripsi, tidak bisa langsung asal copy-paste saja, Karena ia harus paham dan harus mengerti isi kutipan yang ia ambil. Kesalahan yang sering terjadi selanjutnya adalah terlalu memikirkan EYD. Memang EYD patut untuk diperhatikan tetapi tidak berarti hal tersebut terus menerus dijadikan beban pikiran.

Baca juga: Contoh Proposal

Mengenai EYD dapat dipikirkan nanti setelah penulisan selesai dan mulai proses editing. Hendaknya mahasiswa dapat memperhatikan kesalahan-kesalahan sepele dalam membuat skripsi agar tidak menghambat proses pembuatan skripsinya.

Contoh Skripsi

Semoga saja anda semua yang akan membuat Skripsi akan lebih terbantu lagi setelah menyimak informasi tentang Contoh Format Skripsi yang ada di Bibeh.com. Terima kasih juga karena di Bibeh.com anda telah menyimak Contoh Skripsi.

Advertisement
Contoh Skripsi | bibeh | 4.5

Leave a Reply